Home » » Tanda - Tanda Persahabatan Kalian Sedang Dalam Bahaya

Tanda - Tanda Persahabatan Kalian Sedang Dalam Bahaya

Written By satya kumara on Tuesday, March 11, 2014 | 6:32 PM




Inget gak kalo ada pepatah lama yang mengatakan bahwa sahabat sejati itu kagak ternilai harganya, gw pribadi sangat setuju dengan pepatah ini. Keluarga, kita gak bisa milih, mau dapet yang bagus ataupun jelek personalnya itu tergantung nasib kita. Tapi berbeda untuk teman atau sahabat, kita bisa memilihnya, kira - kira siapa yang layak menjadi teman atau sahabat kita.

Sebuah persahabatan bisa saja berumur lama hingga puluhan tahun, yang bahkan lebih akrab dibandingkan dengan saudara sendiri. Tapi bisa juga persahabatan hanya berumur sebentar. Menurunnya "derajat" persahabatan menjadi hanya teman biasa adalah proses yang normal ketika antar sahabat tidak lagi menemukan kecocokan atau merasa tak ada di jalan yang sama.

Nah, ini dia tanda - tanda bahwa persahabatan kalian sedang dalam bahaya. Perlu diperhatikan yah.

1. Mulai terganggu
Pertemanan itu seharusnya menyenangkan, dan seorang teman akan gembira bertemu dengan temannya. Tapi, jika teman mulai membuat Kita merasa terganggu, baik itu perkataan atau perbuatannya, ini adalah tanda ada yang salah dengan pertemanan ini. Biasanya hal ini terjadi karena ada sesuatu yang tidak terucapkan yang dipendam dalam hati masing-masing. Inilah sebabnya mengapa komunikasi adalah hal yang penting, bukan hanya dalam hubungan tapi juga pertemanan.

2. Hanya sepihak

Ini adalah tanda yang paling nyata persahabatan Kalian sedang dalam bahaya. Inisiatif untuk menghubungi teman atau merencanakan pertemuan selalu datang dari satu pihak saja. Si teman makin sulit dihubungi dan tak mau menelepon balik? Jika itu faktanya, maka Kalian perlu khawatir. Persahabatan akan awet jika Kalian berdua bisa saling memberi dan menerima. Usaha untuk menjaga persahabatan juga harus dilakukan oleh kedua belah pihak.


3. Tak banyak kesamaan

Merasa tak memiliki minat dan kesamaan yang sama adalah masalah yang sering ditemui oleh mereka yang sudah berteman bertahun-tahun. Perbedaan minat ini biasanya timbul ketika seseorang tumbuh dewasa atau makin menua. Gw pribadi sudah pernah merasakan hal ini beberapa kali, teman yang dulu sangat dekat jadi sedikit menjauh seiringnya pertambahan umur yang mengakibatkan perubahan minat pada semua hal.

Jika Kalian dan teman Kalian mulai merasa seperti orang asing yang tidak lagi berbagi minat, hobi, dan kesukaan yang sama, mungkin ini waktunya untuk menganalisa dan menemukan masalahnya. Seringkali masalah ini dipicu oleh kurangnya komunikasi sehingga Kalian berdua tidak saling update informasi mengenai apa yang terjadi dalam hidup sahabat kita.

4. Kebersamaan tak lagi menyenangkan

Apakah Kalian merasa pertemuan dengan sahabat mulai terasa membosankan, atau si sahabat hanya menghubungi Kalian ketika ia sedang ada masalah saja? Seorang sahabat memang seharusnya ada di saat senang dan susah, tapi persahabatan juga seharusnya menyenangkan.

Beberapa teman bisa mendorong kita menjadi orang yang lebih baik, ada juga sahabat yang dengan kehadirannya saja bisa membuat kita senang, atau ada teman yang dengan mengingatnya saja sudah membuat kita kesal. Ini adalah hak Kalian untuk memilih ingin bergaul dengan orang yang seperti apa.

5. Hobi mengkritik
Tentu kita akan merasa tidak nyaman jika segala hal yang kita lakukan selalu menjadi sasaran kritik. Kalian harus bisa membedakan mana kritik yang bersifat membangun dan kritikan tajam. Kritik yang membangun perlu kita dengarkan karena ini akan membantu kita menjadi orang yang lebih baik.

Sebaliknya, jika teman mengkritik hanya untuk membuat Kalian merasa kurang, Kalian harus waspada. Seorang sahabat tak pernah berniat buruk, ia seharusnya bersikap jujur saat diperlukan dan tidak menggunakan kata yang bisa menyakiti orang lain.

Oke, sekarang sudah tau dong kira - kira apa aja yang bisa membahayakan hubungan persahabatan kalian dengan sahabat kalian. Yuk analisa lagi bagaimana hubungan persahabatanmu.

Sumber : lifespan.com
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger