Home » » Maha Esa dalam SILA PERTAMA, Bukan berarti yang Maha Satu

Maha Esa dalam SILA PERTAMA, Bukan berarti yang Maha Satu

Written By Unknown on Friday, June 7, 2013 | 3:54 PM

ESA, awamnya orang akan selalu berpikir bahwa ESA itu adalah 1.
gw pun berpikir seperti itu sampe masuk kuliah, dan ketemu dengan seorang senior di organisasi eksternal kampus, yang memberikan pencerahan bahwa ESA bukanlah EKA/1/satu.
Nah karena tiba - tiba teringat akan hal ini, gw tertarik untuk nulis tentang ESA di blog ini, ok langsung simak aja yah.


ESA




kalian pasti masih ingat Pancasila pertama ?
KETUHANAN YANG MAHA ESA

Selama ini, kata "Esa" diartikan sebagai "Satu", sehingga penafsiran Sila Pertama menjadi "Ketuhanan yang SATU".
Kemudian ditafisirkan lagi menjadi "Menyembah Tuhan yang satu"

Makanya kemudian ada orang yg bisa-bisanya bilang:

Yangg merasa bertuhankan bukan Tuhan Yang Maha Esa, silahkan OUT dari bumi Nusantara. Yang sukanya menghina-hina agama, menggoyang-goyangkan keyakinan orang akan Tuhan Yang maha Esa, silahkan OUT dari bumi nusantara.

ada yg nyembah Tuhan 3, ada yg nyembah dewa - dewa, ada lagi yg nyembah pohon atau batu..
By SI OKNUM

TAPI TERNYATA ARTI KATA ESA BUKAN SATU

Kata satu dalam bahasa sansekerta adalah EKA , bukan ESA. Lihat saja di semboyan Bhinneka Tunggal EKA. Bukan Bhinneka Tunggal ESA

Esa itu tidak sama dengan Eka.
Esa itu adalah kata ambilan dari bahasa Sanskrit yang bentuk kata bendanya adalah Etad artinya, as this, as it is or THE.

lebih simplenya gw kasih gambaran, ketika kita menyebutkan EKA atau satu, maka akan ada DWI atau dua.
tapi tidak dengan ESA, dia adalah TUNGGAL, dan TUNGGAL tidak sama dengan SATU.

Misal, kalo kita ditanya seseorang bahwa Tuhan itu Satu, bagaimana kita menjelaskan definisi satu itu? Apakah satu itu dua minus satu, tiga minus dua atau empat minus tiga? Apakah Tuhan adalah bilangan? Karena kita menjelaskan dengan menggunakan bilangan. Dalam dunia persepsi, tiap jiwa memiliki persepsi tersendiri dan eksistennya keterbatasan persepsi dalam memahami Tuhan. Kebenaran yang dimilikipun juga bersifat relatif terhadap yg lainnya. Tiap persepsi jiwa memiliki kebenaran tersendiri yang tidak dapat dielakan.

Kalau negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa itu artinya adalah mengakui bahwa segala macam yang terhadirkan apa adanya itu adalah manifestasi dari sifat Ke Maha-an Tuhan.
Artinya, bahwa semua ajaran yang ada di bumi pertiwi Nusantara ini juga adalah hadir mendunia karena kuasa Tuhan dalam manifestasi keberagamannya.

Dan Ketuhanan Yang Maha Esa artinya adalah Tuhan as it is. Tuhan dalam diriNya sendiri. Bukan "Tuhan" sebagai obyek akal kita. Tentu berbeda antara menyikapi Tuhan-as-it-is dengan Tuhan-as-obyek-akal. Kesemena-menaan dan kekerasan itu timbul karena SI OKNUM menganggap pengertian akal anda tentang Tuhan adalah Tuhan itu sendiri, sehingga mengabsolutkan pemahaman sekte SI OKNUM.

Jadi bisa kita simpulkan disini bahwa pihak yang menolak KeMaha-Esaan Tuhan adalah pihak yang semena-mena memaksakan pengertian Tuhan menurut kelompoknya sendiri, mengingkari keberagaman apa yang hadir mendunia as it is.

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa itu jangan diartikan secara sempit dengan agama. Seseorang boleh dengan keyakinannya sendiri terhadap Tuhannya masing-masing. Begitulah rumusan Ir.Soekarno dalam pidato hari lahirnya Pancasila.

Kutipan Pidato Soekarno 1 Juni 1945 lahirnya Pancasila

Prinsip yang kelima hendaknya: Menyusun Indonesia Merdeka dengan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Prinsip Ketuhanan! Bukan saja bangsa Indonesia bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan Tuhannya sendiri. Yang Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al Masih, yang Islam bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad s.a.w., orang Buddha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada padanya. Tetapi marilah kita semuanya ber-Tuhan. Hendaknya negara Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa. Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada "egoisme-agama". Dan hendaknya Negara Indonesia satu Negara yang bertuhan!

Marilah kita amalkan, jalankan agama, baik Islam, maupun Kristen, dengan cara yang berkeadaban. Apakah cara yang berkeadaban itu? Ialah hormat-menghormati satu sama lain.

Nabi Muhammad s.a.w. telah memberi bukti yang cukup tentang verdraagzaamheid, tentang menghormati agama-agama lain. Nabi Isa pun telah menunjukkan verdraagzaamheid. Marilah kita di dalam Indonesia Merdeka yang kita susun ini, sesuai dengan itu, menyatakan: bahwa prinsip kelima dari pada Negara kita, ialah Ketuhanan yang berkebudayaan, Ketuanan yang berbudi pekerti yang luhur, Ketuhanan yang hormat-menghormati satu sama lain. Hatiku akan berpesta raya, jikalau saudara-saudara menyetujui bahwa Negara Indonesia Merdeka berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa!

Pemelintiran arti ESA menjadi SATU ini dilakukan sejak zaman orde baru. Jadi kalau liat di KBBI

esa num tunggal; satu;-- hilang, dua terbilang, pb berusaha terus dng keras hati hingga maksud tercapai; berbilang dr -- , mengaji dr alif, pb melakukan sesuatu hendaknya dr permulaan;

beresa-esaan /ber·e·sa-e·sa·an/ v 1 cak berada seorang diri saja; 2 merasa lengang;

mengesakan /meng·e·sa·kan/ v menjadikan (menganggap) satu: ~ Tuhan (mengakui bahwa Tuhan hanya satu);

keesaan /ke·e·sa·an/ n sifat yg satu: ~ Tuhan

Tulisan ini bukan tentang agama mana yang paling benar, tapi tentang sesuatu agar tidak terjadi pergesaran makna dari suatu kata yang dijadikan dasar negara.
dan tidak ada yang perlu di perdebatkan disini, take it or leave it.
Share this article :

+ comments + 6 comments

June 7, 2013 at 4:24 PM

Sip nih tulisan... Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada "egoisme-agama".

CUma sayang oknum banyak yang maen hakim sendiri, orang mau menjalankan ibadah diganggu, kapan yg ganggu kena usik tuduh sana-sini.. Akkhh

Anonymous
June 17, 2013 at 2:40 PM

abis baca, tapi belum bisa komen. menarik untuk disimak lebih

January 22, 2014 at 9:34 PM

Mantap deh gannn (y)

July 29, 2015 at 8:33 AM

Kata Ika dalam Bhineka Tunggal Ika tidak merujuk kepada Eka (Satu). Justru kata Tunggal, yang mengartikan satu (kesatuan).

October 9, 2015 at 12:06 PM

bos...rumusan pancasila itu dibuat di ende..ESA bahasa daerah ende adalah SATU...maksud bung Karno adalah kita bangsa indonesia ini terdiri dari agama yang berbeda...jangna jadikan agama itu sebagai perbedaan...dan rumusan itu berasal dari tetua" adat dan pemuka" agama yang pada waktu itu bersama Beliau waktu di buang di ende dulu...

January 12, 2017 at 11:02 AM

Terima kasih untuk penjelasan yang mencerahkan. Saya ijin untuk share yah

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger