Home » » Trovants, Fenomena Geologi Rumania Batu Bernyawa

Trovants, Fenomena Geologi Rumania Batu Bernyawa

Written By Tama Isnandar on Friday, January 3, 2014 | 11:49 AM

descopera.ro


Rumania di wilayah Valcea dan Costesti atau si Sebelah selatan dan Tengah Rumania terdapat batu yang mampu tumbuh membesar dan mampu bergerak seolah-olah mereka hidup, meskipun sebenarnya tidak. Batu-batu ini disebut trovants, atau dikenal dengan Living Stones dan bisa juga di sebut Growing Stones, Kata trovant sendiri merupakan sinonim untuk istilah Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman, yang berarti batua pasir yang mengeras. Batu-batu ini muncul di bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat.



Dari luar mereka terlihat tidak berbeda daripada batu biasa lainnya bentuk streamline atau bulat tanpa sudut tajam. Trovant berukuran enam sampai delapan milimeter bisa tumbuh sampai enam sampai sepuluh meter. Ada banyak teori ilmiah yang menjelaskan asal dan perilaku aneh dari trovant seperti halnya Mereka percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi. Jadi, ketika permukaannya basah, mineral itu mulai menyebar, dan menekan pasir hingga tampak membesar dan jika memotong batu setengahnya, maka akan terlihat lingkaran usia seperti layaknya pohon. Namun, komposisi kimia trovants tidak ada hubungannya dengan tanaman dan hingga kini, para ilmuwan masih bingung dengan fenomena tersebut.

descopera.ro


Karena batu-batu itu tetap menjadi daya tarik wisata yang populer di Rumania. Maka, Muzeul Trovantilator (Trovants Museum National Reserve) pun diresmikan pada tahun 2004 lalu, dan sekarang dilindungi oleh UNESCO serta dijadikan satu-satunya museum terbuka di Rumania, di mana koleksi terbesar trovants ditampilkan. Di sini dapat ditemukan batu hidup dari berbagai ukuran bentuk dan warna.


Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger