Home » , » Jens Stoltenberg, PM Norwegia ini punya cara blusukan yang unik

Jens Stoltenberg, PM Norwegia ini punya cara blusukan yang unik

Written By satya kumara on Monday, August 12, 2013 | 2:12 PM


Seorang pemimpin blusukan, bukanlah sesuatu yang baru. Sebagian besar masyarakat kita mengenal Jokowi, seorang pemimpin lokal yang hobi blusukan. Sedangkan umat muslim mengenal Umar Bin Khattab, seorang khalifah yang hobi blusukan untuk mengetahui kondisi rakyatnya.

Disini gw mau share sebuah cerita tentang Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, yang memiliki cara unik untuk mengetahui aspirasi rakyatnya.

Jens Stoltenberg

Pada suatu Jumat usai santap siang, dia tiba-tiba keluar kantor dan nyambi jadi supir taksi.

Kantor berita BBC, Minggu 11 Agustus 2013 melansir kejadian itu dari video yang dipajang di akun resmi media sosial milik Stoltenberg. Video itu akan digunakan Stoltenberg untuk meraih simpati rakyat dalam pemilu 9 September mendatang.

Dengan mengenakan seragam lengkap supir taksi dan kaca mata hitam, Stoltenberg, siap beraksi mengantarkan rakyatnya ke tujuan mana pun menggunakan taksi di Oslo. Di dalam taksi, seluruh adegannya terekam kamera.

"Sangat penting bagi saya untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di pikiran rakyat. Salah satu tempat di mana mereka mengungkapkan aspirasinya yaitu saat berada di dalam taksi," ujar Stoltenberg.

Beberapa penumpang yang menumpang taksi itu, sudah menduga sejak awal bahwa si supir merupakan pemimpin mereka sendiri. "Apabila dilihat dari sisi ini, Anda terlihat mirip Stoltenberg," ungkap seorang kakek yang menumpang taksi itu.

Kebanyakan mereka membahas mengenai politik yang berlangsung di Norwegia dan isu pemilu. Seorang nenek mengkritik gaji pejabat negara yang terlalu tinggi. Sementara Stoltenberg menepis anggapan itu.

"Ya, Anda kan seorang PM. Tentu saja bisa berkata demikian," ujar si nenek.

Stoltenberg kemudian menjawab kendati dia ingin membuat kebijakan yang berbeda soal itu, maka ide tersebut harus didukung banyak orang. "Saya tidak bisa seorang diri memutuskan masalah itu," kata Stoltenberg.

Sementara seorang penumpang lainnya  bertanya kepada Stoltenberg apakah dia berminat mencalonkan diri lagi sebagai PM. Dia menjawab itulah yang saat ini tengah dilakukannya.

Namun saat mengantar seorang penumpang wanita, Stoltenberg, melakukan kesalahan. Lupa bahwa taksi Mercedes Benz yang dikendarainya menggunakan sistem otomatis, dia malah menginjak pedal rem padahal ingin menginjak kopling.

"Maaf ini merupakan kali pertama saya menyetir setelah delapan tahun," ujar Stoltenberg kepada si penumpang.

Ditanya harian VG apakah dirinya akan menekuni profesi sopir taksi apabila kalah dalam pemilu September mendatang, Stoltenberg hanya tersenyum.

"Saya rasa negara dan penumpang taksi Norwegia akan lebih terbantu apabila saya kembali terpilih menjadi PM dan bukan supir taksi," ujarnya sambil tertawa.

Stoltenberg memang sosok yang populer di negaranya. Namun sebuah survei yang baru-baru ini diadakan menyatakan dia masih jauh tertinggal dibandingkan kelompok oposisi. Dalam pemilu nanti, partai buruh pimpinan Stoltenberg harus meraih minimal 85 kursi untuk bisa meraih suara mayoritas.

disini gw share videonya dari youtube yang baru di posting beberapa jam sebelum postingan ini gw buat :



Sumber : BBC & Youtube
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger