Home » » Mitologi Nordik

Mitologi Nordik

Written By satya kumara on Tuesday, June 11, 2013 | 9:46 AM



Pagi hari di kantor, ketika sedang menikmati alunan lagu dari ikimonogakari sambil membaca berita - berita terbaru, baik lokal maupun luar negeri, ada suatu banner yang sedikit mengusik.
Banner tersebut menuliskan "Midgard", langsung terbesit di pikiran ini "wah salah satu dunia, dari 9 dunia yang ada di mitologi nordik nih" dan kemarin pun gw baru baca - baca ulang tentang
"Ragnarok (kiamat para dewa)", sejurus kemudian timbulah niat hati untuk sedikit membahas Mitologi Nordik (Norse Mythology).


 


Prolog

Mitologi Nordik berasal dari bangsa Skandinavia, Bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, dan juga sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal, kemungkinan adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.




Buat yang muslim, sekedar info bangsa Skandinavia ini punya sejarah yang cukup manis loh dengan kita umat muslim, seperti yang pernah di ceritakan dalam filmnya antonio banderas "The Third Wariors" walau cerita dalam film tersebut fiktif, tapi persahabatan bangsa viking dan umat muslim adalah nyata, baca aja disini

kembali ke mitologi nordik, Penjelajahan kelompok Viking ini ke berbagai daerah Eropa Utara dan sekitarnya, ada kemungkinan sebagai penyebab berkembangnya mitos dan cerita legenda mereka. Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani, bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka.

Akan tetapi jarang sekali mitos mereka dikenal luas oleh bangsa-bangsa lain, berbeda dengan mitos bangsa Yunani yang lebih populer. Padahal jika kita mencermati kisah mitologi mereka ada beberapa fakta yang sangat mirip anatara kisah dewa-dewa di dunia ini, baik itu Yunani atau Skandinavia.

The Realms



Dalam mitologi Norse, bumi ini digambarkan sebagai sebuah cakram datar yang bertumpu pada cabang2 pohon dunia yang dinamakan Yggdrassil. Yggradssil merupakan Pohon yang Tumbuh dari Ginnungagap.

Bumi itu sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah khusus. Untuk lebih jelasnya, inilah cabang-cabang dan akar-akarnya pohon Yggdrasil (pusat dunia) yang terdapat di 9 dunia yang berbeda, yaitu:

1. Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd (si Thor, Odin, Heimdall, dkk. mereka tinggal disini loh)



Penghubung antara Asgard dan dunia di bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi, Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan 3 elemen yaitu air, api, dan udara sehingga berwarna warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh dewa Heimdall, yang tugasnya mengawasi kesembilan dunia yang ada.

2. Vanaheim ,dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa. beberapa dewa/dewi Vanir dapat menjadi AEsir, seperti Njord, Freya dan Freyr
Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast



3. Alfheim/Ljosalfheim, dunia para Light elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.



4. Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi (kita berada disini)



5. Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa yang dikuasai oleh Loki. Antara Midgard, dunia tempat tinggal manusia, dengan Jotunheim terdapat pemisah berupa sungai besar yang airnya tidak pernah membeku.



6. Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan



7. Niddhavellir, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam.



8. Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun (raksasa) es, dikuasai oleh Hel, Anak perempuan Loki. Niflheim ini disamakan dengan Tartarus, dunia neraka yang dikuasai oleh Hades di dalam mitologi Yunani kuno.



9. Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api.




 The Gods

Aesir merupakan salah satu ras dewa yang tinggal di Asgard. Aesir memiliki musuh utama, yang selalu mereka perangi, yaitu Vanir. Aesir sangat suka dengan perang dan pertempuran, sedangkan Vanir lebih dekat ke alam dan kesuburan. Ketika Aesir dan Vanir berdamai, beberapa dewa/dewi Vanir, seperti Njord, Frey dan Freyr menjadi Aesir. Awalan As adalah nama tunggal untuk Aesir. Female As disebut Asynia (jamaknya Asynior/Asyniur).
Berikut merupakan Beberapa dewa utama:

1. Buri
Leluhur para dewa. Masih diperdebatkan apakah Buri termasuk golongan raksasa atau dewa.

2. Bor
Anak dari Buri. Bor kemungkinan lebih tepat disebut sebagai dewa daripada raksasa. Dia menikah dengan Bestla dan menjadi ayah dari Odin, Vili dan Ve.

3. Odin
Penguasa dunia dan pemimpin para Aesir (meskipun ujung-ujungnya mati di Ragnarok). Odin merupakan anak dari raksasa Bor dan Bestla. Selain Valhala, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valaskialf, yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Tombaknya bernama Gungnir sedangkan cincinnya bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn (”Pikiran”) dan Muninn (”Ingatan”), bertugas membawa berita dari seluruh dunia untuknya. Odin memimpin gerombolan penunggang kuda ketika Wild Hunt berlangsung. Mereka berkelana pada malam hari, dari malam musim dingin, 31 Oktober (Liat hubungannya dengan Hallowen?) sampai May Eve, 30 April (Ga’ ngerti artinya), khususnya pada malam perayaan pagan Yule, 21 Desember.Melihat mereka pada saat mereka sedang “jalan-jalan”, bisa berarti itu adalah akhir dari hidupmu.

4. Ve
Saudara Odin dari ortu yang sama yang menganugerahi manusia kemampuan bicara. Dikenal juga dengan Lodur, Lodar atau Lother. Bersama dengan 2 saudaranya yang lain, Odin dan Vili, membunuh raksasa Ymir dan menciptakan dunia.

5. Vili (Hoenir)
saudara dari odin dari ortu yang sama, kekuatannya nga kalah sama Odin. merupakan dewa penguasa air, dalam mitologi yunani disamakan dengan poseidon

6. THOR
Dewa petir. Thor merupakan anak Odin dengan raksasa wanita, Jörd, Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Wilayah kekuasaannya bernama Thrudvangar dengan 540 apartemen. Thor punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjardr (girdle [girdle=korset] of might), yang membuat dia menjadi tidak terkalahkan. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

7. Tyr
Dewa perang dan keberanian. anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr saudara mudanya Thor. Tyr diwakili sebagai manusia dengan satu tangan, karena tangan kanannya digigit serigala raksasa Fenrir (dalam puisi Edda, pergelangan tangannya disebut 'bersama-serigala'). Atribut-Nya adalah tombak; lambang keadilan, serta senjata.

8. Heimdall
Dewa penjaga Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Odin. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg (”Cliff of the Hills” atau “Heavenly Fall”) yg terletak di ujung Asgard.

Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall’s Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya, Gulltopp dan membawa pedangnya, Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.

9. LOKI
Dewa api dan penipu. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, "Cruel-Striker") dan Laufey ("Tree Island") atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi.
Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin).
Melalui raksasa Angerboda ("Distress Bringer"), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa.
Loki juga menjadi ibu (ternyata hemaprodit juga nih) dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari.

Loki merupakan Aktor utama dalam kudeta berdarah "Ragnarok". Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.


Sebenarnya masih terlalu banyak yang bisa di bahas dari mitologi nordik, misalkan seperti valhalla, valkryie, dll.
mungkin lain waktu akan dibahas hal lainnya tentang mitologi nordik, kayaknya untuk saat ini hal - hal diatas dulu sudah cukup.

bagi yang tertarik dengan mitologi nordik, bisa ke googling keyword2 dibawah ini :
http://www.godchecker.com/ ?- sejarah dan mitologi seluruh dunia
http://www.sacred-texts.com/neu/poe/ buat baca edda poet sama edda prose
• wikipedia.org
• Prose Edda, Húsdrápa, Hymiskviða, and Völuspá.
• kennings in skaldic poetry
• Thor battering the Midgard Serpent, Henry Fuseli, 1788.
• forum internasional tentang Edda Prose
• forum internasional tentang Norse Mythologi
http://www.sunnyway.com/runes/odins_magic.html

Share this article :

+ comments + 6 comments

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger