Home » , » Sejarah Hamburger

Sejarah Hamburger

Written By satya kumara on Monday, July 22, 2013 | 10:52 AM

Hamburger, kebanyakan orang pastinya sudah pernah makan makanan ini karena selain cukup mudah ditemukan dimanapun, harganya juga cukup variatif dari yg cukup mahal sampe merakyat.

Tapi siapa sih yang pernah berpikir atau mencari tau tentang sejarah makanan ini ? tadi kebetulan gw iseng lagi buka - buka gourmet.com dan menemukan artikel tentang sejarah Hamburger, dan karena gw rasa artikel ini cukup menarik, yah gw share aja yah disini.



Hamburger, selama ini kebanyakan orang berasumsi bahwa makanan ini berasal dari Amerika Serikat, asumsi ini muncul karena orang melihat menjamurnya fastfood di negara tersebut yang menjual Hamburger yang bahkan fastfood - fastfood tersebut sampai ekspan ke negara kita, contohnya Mc Donald, Burgerking, atau Wendys.

Tapi ternyata Hamburger pertama kali muncul bukan berasal dari sana, tapi dari daerah Mongol. Pada sekitar abad 13 bangsa mongol ketika pergi berperang, tentara - tentara mereka seringkali membawa daging domba mentah yang sudah dikeringkan untuk dijadikan perbekalan mereka. Dimana nantinya daging - daging tersebut akan dimakan bersama roti yang baru dibuat oleh pihak logistik.

Sedangkan untuk praktik hamburger seperti yang sering kita makan sekarang, pertama kali dipopulerkan oleh orang Jerman pada Abad ke 18. Entah siapa yang memulai pada waktu itu orang Jerman suka sekali memakan daging cincang atau daging giling dalam bentuk patty, nah karena kebetulan trend makanan tersebut pertama kali populer di kota Hamburg, makanan tersebut sering disebut menjadi Hamburger.

Kenapa Hamburger bisa populer sekali di Amerika Serikat ? mulai abad 19, banyak sekali imigran Eropa yang pindah ke Amerika, mereka inilah yang kemudian membawa Hamburger ke Amerika. Dan menurut gourmet.com restoran Hamburger pertama kali di Amerika berada di kota New York dan didirikan pada tahun 1830.


sebenarnya masih banyak yang dibahas oleh gourmet.com terkait hamburger mulai dari sejarahnya sampai restoran dan koki terkenal dalam pembuatan Hamburger di Amerika. Cuma point yang membuat gw tertarik untuk gw share hanya sekedar sejarah Hamburger itu sendiri. Semoga dengan Artikel ini, kalian bisa tau sejarah Hamburger.


Share this article :

+ comments + 2 comments

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger