Home » » Kiat Agar bisa bekerjasama baik dengan atasan

Kiat Agar bisa bekerjasama baik dengan atasan

Written By satya kumara on Thursday, April 18, 2013 | 9:14 AM




Ini memang bukan pernikahan atau persahabatan, namun hubungan dengan atasan bisa jadi hal yang penting dalam pekerjaan dan hidup Anda. Atasan bisa membantu Anda semakin maju atau malah menjatuhkan. Untuk itu, sangat penting agar bisa bekerja sama dengan baik bersama atasan.
Berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa bekerjasama dengan baik bersama atasan, seperti dilansir oleh Inspiyr (11/04).

1. Berikan masukan
Kebanyakan karyawan selalu mengeluh bahwa atasan mereka jarang memberikan masukan atau bahkan memuji pekerjaan mereka. Mereka merasa tak mendapatkan dukungan yang cukup. Namun coba tanyakan pada diri Anda, berapa banyak masukan yang pernah Anda berikan pada atasan?
Kebanyakan karyawan lupa bahwa atasan mereka juga manusia dan memiliki perasaan serta pemikiran tentang karyawan mereka. Berikan masukan yang baik pada atasan ketika dia telah membantu Anda. Dengan begitu dia mengetahui bahwa masukan yang diberikannya bermanfaat.

2. Pelajari gaya komunikasi atasan
Salah satu kunci kesuksesan bekerja adalah mempelajari gaya komunikasi atasan. Apakah mereka lebih suka menggunakan e-mail, chatting, telepon, atau bertatap muka? Kapan waktu terbaik untuk bicara dengan mereka? Apakah mereka bisa diajak bercanda? Apakah mereka memiliki kehidupan pribadi yang tertutup?
Beberapa hal tersebut bisa memberikan informasi yang penting. Ketika Anda sudah beradaptasi dengan gaya komunikasi atasan, akan lebih mudah untuk berkomunikasi mengenai masalah pekerjaan. Tentu saja setiap atasan pasti berbeda, untuk itu Anda harus bisa mempelajari dan beradaptasi dengannya.

3. Gunakan e-mail secara profesional
E-mail merupakan sarana komunikasi yang sering digunakan di tempat kerja. Meski begitu, cara Anda menggunakan e-mail memiliki efek yang besar terhadap karir. Beberapa e-mail yang dikirim oleh atasan bisa jadi membuat Anda kesal, namun hati-hati saat membalasnya. Tetaplah profesional dan tenang. Selain itu, selalu ingat bahwa Anda berada di lingkungan pekerjaan, sehingga Anda harus bersikap profesional dan sopan.

4. Tetap profesional
Hati-hati dengan apa yang Anda katakan pada atasan. Terkadang lebih mudah melihat atasan sebagai teman dan mulai bicara tentang hal-hal personal. Namun ini bukan keputusan yang bijak. Anda sama saja seperti sedang bermain dengan dinamit. Atasan adalah atasan, dan ini adalah tempat kerja. Jadi jika ingin membicarakan masalah personal, temukan teman yang terpercaya.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa bekerjasama dengan baik bersama atasan. Ingat bahwa berperilaku baik pada atasan tidak sama dengan menjilat atau berusaha mengambil keuntungan.


Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger