Home » , » Tips Memasak Barbeque

Tips Memasak Barbeque

Written By satya kumara on Friday, January 4, 2013 | 8:23 PM

Barbeque, denger kata ini pasti kita semua akan kebayang daging yang digrill yah...tentunya enak.
tapi gak semua orang bisa memasak barbeque dengan baik loh. nah disini gw bakal sedikit share tentang Tips N Trick Barbequeing yang benar.

Apa aja sih yang mesti disiapkan ?

1. Grill

jelas sekali Barbeque tanpa Grill adalah bohong...nih beberapa contoh grill yang biasa dipake dalam membuat barbeque :















dan masih banyak contoh grill (panggangan) lainnya.

2. Garpu, Capit, Kuas

Fungsinya tentu dah pada tau semua yah.


3. Briket, Arang, Serabut dengan Liquidnya spiritus dan api dari korek


Briket
Kelebihan briket adalah daya tahannya, utk masak banyak daging oke bgt. Kelemahannya, nyalainnya susah!

Cara nyalain: Jgn langsung naro semua briket ke dlm grill. Rendem bbrp buah briket dulu didlm spiritus kira2 10 dtk. Taro didlm grill trus bakar deh, biarin dulu ampe semua nyala dan kemerahan. Terus pelan2 mulai taro briket2 lain yg ada, biarin ampe apinya ngebakar briket2 itu. Biar agak cepet, pake kipas, jangan kenceng2…boleh disiram2 spiritus dikit2.


Arang
Kelebihan, harga murah, gampang dapetin, kalo bingung tanya tukang sate. Kekurangan, karna cepet ngebakar dia cepet abis. Otomatis ga bisa beli sedikit. Cara nyalainnya sama dgn briket.


Serabut Kelapa
This is the best, karna kelapa yg dibakar itu akan ngasih aroma plus buat daging. Harganya juga murah. Minusnya, asepnya banyak banget…bisa buat ngusir nyamuk juga sih. Cepet abis, jgn kira kalo agan beli 1 karung (30kg) itu bakal cukup, ini ngebakarnya super cepet, bisa abis 2 karung kalo buat 10 org. Minusnya lg berantakan, banyak serpihan sabut yg kebakar yg bakal berterbangan. Ini cocok kalo kalian bikin di outdoor. Cara nyalain, simple, pake korek aja.

4. Piring dan Gelas

5. Kabel rol dan kipas
Tau dong buat apaan…kabel roll kemungkinan kalian perluin buat kipas anginnya. Kalian pasti bbq diluar rumah kan. Masa mau rumah berasep gitu.

Nah,,alat2 sudah dibahas...sekarang langsung masuk ke menunya
bahan2 utamanya nih,,adalah :


Daging itu ga bohong, semakin mahal semakin enak. Bagian daging yg paling bagus buat steak itu adalah loin. Posisinya di punggung ampe leher. Paling bagus karna bagian itu paling dikit bergerak. Loin itu ada 2, sirloin/striploin (has luar) berlemak & tenderloin (has dalam).

Sirloin

Tenderloin

Bagian lain yg bisa dipake rump, chuck, T-bone & ribs. Bagian2 ini lebih murah harganya tapi lebih alot. Kalian perlu ngelakuin pengempukan daging dulu.

Pengempukan daging
1. Rendem pake zat asam, bisa pake wine (red only please), cuka (vinegar), lemon & tomat
2. Dipukul pake hammer daging
3. Didiamkan sambil dibungkus daun pisang
4. Rendem pake Coca cola
Sebenernya masih ada lagi, tapi saran gw 4 diatas aja karna ga ribet.

Marinade
Banyak bgt macem2 marinade buat daging. gw ga bisa jabarin disini satu2. Saran gw, beli jadi aja biar ga repot. Saus bbq gitu bisa buat marinade, malah ada yg jual dagingnya udah di marinade.
Cara marinade itu simple, tuang aja semua saosnya ke daging, ratain, simpen di kulkas (jangan di freezer) minimal 4 jam. Simpennya dlm keadaan ketutup ya. Kalo mau nambahin bumbu, Kalian bisa pake bawang bombay, bawang putih, paprika, rosemary & thyme.

Cara masak
Masaknya paling mateng di titik medium. Jangan well done. Rasanya lebih mantep karna jus dagingnya masih di dalem, kalo well done bakalan kering banget, kalo daging jelek dia bakal alot. Ini panduannya

Sebenernya panduan diatas ga pasti, kenapa? Ada factor besarnya api & ketebalan daging. Merah2 di daging itu bukan darah gan, itu campuran air & protein.www.todayifoundout.com/index.php/2010/04/the-red-juice-in-raw-red-meat-is-not-blood/
Pada saat masak, Kalian bisa ngolesin bumbu rendaman ke daging pake kuas.


Menu2 lain yg bisa dipake BBQ

1.Daging ayam, jgn pernah dimasak medium, harus well done


2.Daging babi, buat yg bisa makan, rebus dulu, sebelumnya daging ditusuk2 pake garpu dulu biar bener2 ampe kedlm ngebersihinnya, dagingnya direbus pake garem 30-45 menit. Jgn takut dagingnya keras, daging ini pasti tetep empuk, utk marinade sama spt sapi. Tingkat kematangan wajib well done.


3.Ikan, yg cocok utk dibakar, lele, gurame, bawal, kuwe, tenggiri, baronang, kakap, gindara, dory & salmon. Khusus salmon, ikan ini fragile, sebaiknya dibakar sambil dibungkus aluminium foil. Kalo bisa beli yg masih ada kulitnya. Semua wajib well done.


Untuk marinade ikan, agan wajib tambahin buah lemon, jeruk nipis ato limo buat ngilangin amisnya. Cuka ama white wine juga bisa.

4.Seafood: Udang & cumi



Untuk seafood ini terutama cumi2, jgn lama2 masaknya, ntar alot kaya makan ban dalem. Rendaman, bawang putih udah cukup.

5.Sosis, jagung, pisang, marshmallow, nanas, dll













yah,,diatas adalah sedikit tips n trick dalam pembuatan barbeque yang gw share disini...
semua tulisan diatas credit : Nickolasmanahim





Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger