Home » » 4 Simple Health Treatment Buat Cowok

4 Simple Health Treatment Buat Cowok

Written By Tama Isnandar on Thursday, November 7, 2013 | 8:53 AM


Meski berolah raga di pusat kebugaran tengah menjadi tren, gak bisa dipungkiri masih banyak cowok yang kurang mempedulikan kesehatannya. Bukan masalah membentuk otot dan perut menjadi six pack, namun olah raga merupakan kebutuhan fisik yang wajib dilakukan. Kelancaran metabolisme dan pernapasan adalah dua hal penting yang harus selalu diperhatikan agar kondisi fisik tetap prima.

Ada beberapa latihan sederhana yang sebetulnya dapat dilakukan sendiri, di manapun, dan kapanpun. Latihan ini gak memerlukan peralatan khusus seperti di pusat kebugaran dan begitu mudah untuk dilakukan. Namun kembali lagi pada diri Loe, malas atau gak untuk melakukannya.

Mengukur Denyut Jantung

Denyut jantung saat tubuh sedang beristirahat bisa menjadi ukuran yang baik untuk kesehatan seseorang. Semakin sehat, maka semakin banyak darah yang mampu dipompa jantung setiap detiknya. Jadi, jika kondisi tubuh sedang sehat, maka jumlah detak jantung per menit (bpm) akan semakin sedikit. Loe bisa menggunakan monitor ukur detak jantung atau bisa juga dengan mencari denyut pada pergelangan tangan dengan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah. Hitunglah detaknya dalam satu menit.

Latihan Pijakan


Latihan pijakan ini sangat sederhana dan kerap digunakan untuk pengukuran kesehatan. Loe cuma memerlukan pijakan setinggi 12 inci (sekitar 30,5 cm), kursi, atau kotak. Pijaklah naik dan turun selama tiga menit, dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan gerakan yang stabil dan konsisten. Setelah tiga menit, segera ukur detak jantung selama satu menit.

Semakin rendah bpm Loe, maka fisik otomatis dalam keadaan sehat. Hitungan bpm yang baik adalah di bawah 81. Sedangkan rata-rata detak jantung berkisar antara 100-107.

Tes Push-up

Push-up gak cuma memperkuat lengan, namun juga menggerakan seluruh otot untuk membantu posisi dengan sempurna. Jadi, tes ini sangat baik untuk pengukuran secara menyeluruh, terutama untuk kesehatan tubuh bagian atas. Lakukan push-up dengan merendahkan tubuh bagian bawah hingga siku membentuk sudut 90 derajat sebelum mendorong tubuh ke posisi awal. Terus lakukan, dengan menyelesaikan push-up sebanyak mungkin tanpa jeda.

Tes Lari 12 Menit


Loe mungkin menyadari jika olah raga lari juga tengah menjadi tren. Hampir setiap minggu diadakan lomba marathon dengan beragam jarak. Tertarik mengikutinya? Jangan coba-coba kalau Loe gak terbiasa berlari sebelumnya. Ada cara mudah untuk merangsang tubuh dilatih berlari. Berlarilah selama 12 menit tanpa henti dan rasakan metabolisme tubuh terjadi dengan begitu derasnya.

Kalau malas ke pusat kebugaran, seenggaknya cobalah lakukan latihan ini secara rutin, Bro!


Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger