Home » » Jadilah Sosok yang dibutuhkan tanpa harus menjadi yang tak tergantikan

Jadilah Sosok yang dibutuhkan tanpa harus menjadi yang tak tergantikan

Written By satya kumara on Tuesday, June 25, 2013 | 2:46 PM

Di tulisan ini gw mau share tentang perbedaan 2 sosok manusia dalan fungsi perannya, Tulisan ini hasil remake dari sebuah artikel luar negeri yang juga sudah sempat di remake oleh salah satu media lokal di indonesia, tapi itu gak menutup keinginan gw untuk share info ini di blog gw dengan tulisan versi gw, jadi kalo ada beberapa kalimat yang agak janggal, harap maklum, hasil translate manual dari seorang yang bahasa inggrisnya pas-pasan.hehe.
langsung saja,

Ada seseorang yang merupakan sosok tidak tergantikan baik dari fungsi perannya atau keberadaannya itu sendiri (irreplaceable), dan ada seseorang lainnya yang merupakan sosok yang sangat dibutuhkan atau harus ada (indispensable). Sekilas nampak sama antara mereka yang tidak tergantikan dengan mereka yang sangat dibutuhkan. Padahal ada perbedaan dasar pada keduanya, tetapi mana yang lebih baik?

Dibutuhkan

 Marissa Mayer

Kita bisa ambil sosok Marissa Mayer, kisah seorang petinggi Google yang pindah ke Yahoo dimana dirinya bisa menggambarkan sosok indispensable.

Marissa Mayer, President dan CEO Yahoo, semakin dikenal di dunia teknologi setelah berhasil membesarkan Google. Sekarang dia termasuk salah satu orang terpenting di Yahoo. Marissa pernah menduduki berbagai posisi dan bertanggung jawab atas pengembangan berbagai produk Google. Salah satunya layanan Google Search.

Banyak orang mengagumi kerja Mayer, salah satunya Chairman Google Eric Schmidth. "Saya sudah bekerja dengannya beberapa tahun dan dia adalah perempuan hebat, sangat inovatif, dan perfeksionis," puji Eric.

Di tengah kesuksesannya membesarkan Google, ia mendapat tawaran pindah ke Yahoo, perusahaan kompetitor yang saat itu pamornya sedang turun. Namun tak disangka, ia menerima tantangan itu.


Di bawah kepemimpinan Mayer yang tegas, karyawan Yahoo kini dilarang bekerja dari rumah. Mereka yang tidak mematuhi aturan itu akan dipersilahkan untuk mengundurkan diri. Dan yang paling mengesankan, Mayer mampu mempertahankan dan meningkatkan semangat kerja karyawannya meski strategi PHK terus dilakukan. Sifat tegas Mayer ternyata tak membuat karyawannya sebal. Buktinya di situs review karyawan Glassdoor.com, Mayer mendapatkan rating yang sangat tinggi dari para karyawan. Bahkan orang-orang di luar Yahoo pun memperhatikan. Aplikasi lamaran kerja yang masuk ke Yahoo naik hingga 10.000 per minggu, naik dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Gaya kepemimpinan Mayer dipercaya dapat membenahi Yahoo. Di Google, Mayer terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang inspiratif. Menurut Carmine Gallo, penulis buku The Presentation Secrets of Steve Jobs, Mayer memiliki tiga ciri pemimpin yang berkualitas. Dia memiliki passion terhadap pekerjaannya, persuasif, dan mampu memotivasi timnya.

Multiperan

Menjadi seseorang yang dibutuhkan berarti kita mampu memberikan dampak besar di mana pun kita berada. Ini lebih dari sekadar karakteristik seseorang, tetapi merupakan kombinasi dari cara pandang sekaligus keahlian yang dimilikinya.

Orang yang dibutuhkan biasanya mampu atau sanggup menangani berbagai macam proyek, menjalankan peran apa pun dengan baik, berani menghadapi setiap tantangan, serta dengan mudah membuat segalanya berjalan baik dan lancar. dia tau apa yang harus dia laukan dan mampu memanfaatkan setiap skill yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan menjadi tak tergantikan justru sebaliknya. Biasanya, orang tipe ini cenderung menyimpan ilmu dan keterampilan, dan berbagai informasi lainnya hanya untuk dirinya sendiri. Dia enggan membaginya dengan rekan kerja lain atau temannya karena merasa terancam posisinya akan tersingkir. Padahal, sebenarnya ini adalah langkah yang salah.

Coba pikirkan kembali, jika posisi Kalian tak tergantikan, ini berarti memperkecil kesempatan untuk mendapatkan promosi atau berkembang. Kesempatan mengembangkan karier di perusahaan lain pun bisa mandek. Namun, menjadi indispensable membuat kalian punya kesempatan besar untuk memajukan karier atau berkembang dimanapun kalian berada.
Share this article :

+ comments + 2 comments

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger