Home » » Alzheimer, Yuk Mari Kita Kenali Penyakit ini Lebih Dekat !!!

Alzheimer, Yuk Mari Kita Kenali Penyakit ini Lebih Dekat !!!

Written By satya kumara on Monday, May 20, 2013 | 4:07 PM


Siang-siang dikantor, tiba2 teringat film Beatiful Rain yang menceritakan tentang seorang bapak single parent yang berjuang melawan penyakit alzheimernya sambil membesarkan puteri tunggalnya.
Drama haru biru bener-bener berasa di film ini, pokoknya recomended banget deh ini film.

Nah yang mau gw angkat dari film tersebut adalah tentang penyakit alzheimer itu sendiri.
yuk langsung saja...

Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi dimana beberapa sel - sel saraf di otak mati, yang mengakibatkan sinyal - sinyal otak tidak tersalurkan dengan baik.
Penyakit ini pertama kali diidentifikasi oleh Dr Alois Alzheimer pada tahun 1906. Dia menggambarkan dua ciri khusus alzheimer: banyak deposit padat kecil yang tersebar di seluruh otak sehingga menjadi racun bagi sel-sel otak dan kekusutan yang mengganggu proses vital sel-sel hidup. Sel-sel otak menyusut dan mati sehingga volume otak berkurang tajam di beberapa daerah. Penyusutan ini terus berlanjut dari waktu ke waktu sehingga memengaruhi kemampuan otak.
Gejala Penyakit Alzheimer sulit dikenali sejak dini, masalah yang mereka hadapi biasanya terkait dengan pengingatan. untuk tahap awal, biasanya mereka hanya lupa akan hal - hal kecil, dan ketika sudah sampe taraf akut mereka bahkan bisa lupa dengan diri mereka sendiri atau bahkan orang - orang terkasih mereka.
orang yang menderita penyakit alzheimer akan sulit hidup bersosialisasi lagi, karena mereka akan mendapatkan kesulitan - kesulitan akibat penyakit mereka ini, contoh kecil mereka bisa saja lupa jalan pulang dari kantor ke rumahnya ( dah mirip di film beatful rain ketika si ayah ingin buru - buru pulang di hari ulang tahun anaknya).
lebih parah, mereka bahkan bisa melupakan hal - hal yang sangat biasa sekali mereka kerjakan, misalkan mereka bisa lupa akan cara menjahit, padahal dia adalah seorang penjahit yang telah puluhan tahun menjadi penjahit.
dan juga jangan salah, jangan menganggap alzheimer hanya akan menyerang orang - orang lansia saja, alzheimer bisa juga menyerang orang yang masih muda atau mereka yang masih dalam masa usia produktif :(




diatas adalah perbedaan gambar otak antara mereka yang menderita alzheimer (atas) dan mereka yang normal (bawah)

Semua orang punya kemungkinan untuk Terkena Alzheimer, tapi ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kemungkinan terkena alzheimer lebih besar, yaitu :

- Pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas
- Pengidap kencing manis
- Kurang berolahraga
- Tingkat kolesterol yang tinggi
- Faktor keturunan - mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an
- Perokok dan pemakai narkoba

Gejala-gejala Demensia Alzheimer lebih jelasnya  meliputi gejala yang ringan sampai berat. Sepuluh tanda-tanda adanya Demensia Alzheimer adalah :

  •     Gangguan memori yang memengaruhi keterampilan pekerjaan, seperti; lupa meletakkan kunci mobil, mengambil baki uang, lupa nomor telepon atau kardus obat yang biasa dimakan, lupa mencampurkan gula dalam minuman, garam dalam masakan atau cara-cara mengaduk air,
  •     Kesulitan melakukan tugas yang biasa dilakukan, seperti; tidak mampu melakukan perkara asas seperti menguruskan diri sendiri.
  •     Kesulitan bicara dan berbahasa
  •     Disorientasi waktu, tempat dan orang, seperti; keliru dengan keadaan sekitar rumah, tidak tahu membeli barang ke kedai, tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat.
  •     Kesulitan mengambil keputusan yang tepat
  •     Kesulitan berpikir abstrak, seperti; orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan.
  •     Salah meletakkan barang
  •     Perubahan mood dan perilaku, seperti; menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya.
  •     Perubahan kepribadian, seperti; seperti menjerit, terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC.
  •     Hilangnya minat dan inisiatif

Persis seperti di film Beatiful Rain, sampai artikel ini ditulis belom ditemukan obat untuk Alzheimer.
tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer atau menghambatnya agar tidak semakin parah, yaitu dengan cara :
  • Berhenti Merokok
  • Rajin Berolahraga dan Perbanyak makan sayur
  • Menurunkan tingkat darah tinggi, dan rajin memeriksa gula darah
  • Terlibat dalam kegiatan - kegiatan yang merangsang pikiran
  • Melakukan diet sehat dengan gizi yang seimbang

Demikian, sedikit info yang bisa gw share terkait penyakit ini.
Bantulah orang - orang di sekitarmu yang mengidap kelainan/penyakit ini.
dan yang terpenting jangan sampai kita yang terkena alzheimer :D

dan jangan lupa, tonton film Beatiful Rainnya (bagus banget soalnya)

Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger