Home » » Obligasi Tetap Menarik, Sampai Kapan?

Obligasi Tetap Menarik, Sampai Kapan?

Written By satya kumara on Friday, March 1, 2013 | 10:04 AM




Gundy Cahyadi, Ekonom OCBC Bank mengatakan, IDMA Index yang bisa kita dapati dari Bloomberg menunjukkan bahwa rally di obligasi pemerintah berdenominasi IDR telah terus berlanjut di bulan Februari ini. "Over all price returns telah mencapai rekor tertingginya," katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima vibiznews.com, Rabu (27/02/2013).

Menurutnya, di saat yang bersamaan kita juga bisa melihat bagaimana jumlah investasi portfolio asing kembali naik di bulan Februari ini yang berarti secara per bulan arus meraih investasi portfolio ke pasar obligasi pemerintah telah terus bertahan di level positif sejak September 2012 lalu atau bulan ke-6 secara berturut-turut.
Apa yang membuat hal ini terjadi?.

Gundy menjelaskan bahwa kita perlu mengingat di periode yang bersamaan, (1) rupiah telah terus tertekan di pasar dikarenakan neraca perdagangannya yang masih tercatat di defisit, dan (2) kenyataan bahwa kondisi perekonomian dunia sendiri masih begitu-begitu saja.

"Salah satu jawaban yang telah menyebabkan tingginya minat investor asing terhadap obligasi pemerintah ini adalah kenyataan bahwa tingkat likuiditas dunia masih tercatat sangat tinggi apalagi dengan kebijakan-kebijakan dari bank-bank sentral dunia yang masih terus berkesan accomodative," jelasnya.
Sampai kapan pesta ini berlanjut?.

Gundy mengungkapkan, faktor yang paling penting untuk kita monitori ke depan adalah tren inflasi dalam negeri.
"Secara teori, jika inflasi dalam negeri mulai bergerak naik ke atas, untuk mempertahankan tingkat real interest rate yang sama dan positif berarti tingkat imbal hasil obligasi pemerintah harus ikut meningkat," urainya.

Mengenai hal ini sendiri, dirinya menambahkan, telah melihat mulai adanya tanda-tanda bahwa tekanan underlying inflation mulai meningkat dikarenakan inflasi di kelompok bahan makanan yang telah kembali naik dan juga adanya berita tentang wacana kenaikan harga LPG selain kemungkinan kenaikan harga BBM yang masih terbuka saat ini.

Sumber : disini
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger