Home » » Jangan Remehkan Posisi Tidur Anda

Jangan Remehkan Posisi Tidur Anda

Written By satya kumara on Wednesday, March 13, 2013 | 11:23 AM

Pada kesempatan kali ini saya akan mengangkat topik sederhana namun masih banyak orang yang mungkin belum memahami efek dari posisi tidur yang salah. Semoga dengan adanya thread ini dapat membantu agan/aganwati dalam memperoleh kualitas tidur yang baik.

Tidur terlentang






Posisi tidur terlentang sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refluks asam lambung, meminimalkan keriput serta menjaga bentuk payudara agar tak mudah kendur.
Namun posisi tidur terlentang ternyata kurang baik bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengkur atau yang sering di sebut ngorok. Karena posisi tidur ini akan membuat kebiasaan Anda itu semakin menjadi.
Bila ingin tidur dengan posisi terlentang, untuk Anda yang sering mendengkur sebaiknya menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi.
Efek buruk dari tidur terlentang yang lainnya adalah sering menyebabkan nyeri punggung. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba dengan meletakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk. Bila alas tidur terlalu empuk, taruhlah papan setebal kira-kira 1 cm di bawah seprai.


Tidur tengkurap




Tidur tengkurap sering dikatakan dapat membuat kulit menjadi lebih cepat keriput, meskipun usia Anda masih tergolong muda. Untuk itu, hindari posisi tidur tengkurap atau wajah menghadap bantal jika tidak ingin kulit cepat keriput.

“Jika seorang laki-laki atau perempuan tidur dengan posisi menghadap bantal, sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut,” ujar Michelle Halpern dari StyleCaster, seperti dikutip dari Glamour.

Bagi Anda yang sering mengeluh nyeri punggung, sebaiknya hindari posisi tidur tengkurap, kecuali perut diberi ganjalan bantal. Posisi tidur seperti ini sulit menjaga posisi netral untuk tulang punggung.
Tidur tengkurap akan memberi tekanan pada sendi dan otot-otot sehingga mengiritasi saraf dan menyebabkan nyeri. Selain itu, dalam posisi ini kepala akan berada pada satu sisi dalam waktu lama sehingga leher akan pegal.



Tidur dengan posisi melengkung


Tidur dengan posisi menyamping dengan lutut di tekuk dan agak diangkat ke arah dada seperti posisi janin sangat tidak dianjurkan.
Menurut Dody Chang, ahli akupuntur dari Center for Integrative Medicine, AS, posisi melengkung ini akan menekan diafragma sehingga dapat mengganggu pernapasan.
Dody juga mengatakan bahwa posisi tidur melengkung ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung, wajah keriput lebih cepat, serta payudara mengendur.
Itulah beberapa posisi tidur dan efeknya bagi kesehatan Anda.









tidur yang baik menurut ajaran Rasulullah SAW



• Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjjud
• Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
• Terus berdzikir sampai jatuh tertidur
• Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
• Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi.

Setelah tahu kebiasaan-kebiasaan Rasulullah SAW dalam hal tidur mungkin kita juga perlu tahu bagaimana aturan-aturan tentang tidur yang telah diajarkan oleh Rasulullah:

Tidur Terbaik
Tidur terbaik adalah tidur yang dimulai dengan posisi miring ke kanan. Tujuannya adalah agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri. Kemudian padanya dianjurkan untuk mengubah posisi ke kiri untuk mempercepat proses pencernaan. Baru kemudian tidur dilanjutkan dengan posisi miring ke kanan kembali. Sebagai peringatan, jangan terlalu sering tidur dalam posisi miring ke kiri karena hal itu dapat membahayakan organ hati yang berada di sisi kiri dekat dengan lambung. Pada saat itu organ-organ tubuh akan mengarah pada hati dan beresiko mengalirkan bahan berbahaya ke dalamnya.

Ada yang menyatakan bahwa hikmah tidur dengan posisi miring ke kanan adalah agar orang yang melakukannya tidak terlalu lelap dalam tidurnya, karena posisi hati/jantung di dalam tubuhnya agak miring ke kiri. Jadi jika seseorang tidur dengan posisi miring ke kanan, maka jantungnya akan terdorong dari tempatnya di sebelah kiri. Hal itu akan mencegah orang yang bersangkutan tidur terlalu lama dan terlalu lelap.

Posisi tidur Nabi saw setelah miring kesebelah kanan Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan.







Manfaat Dari Posisi Tidur Yang Benar:


a. Untuk jalan nafas, tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur. Jika suami Anda suka mendengkur atau mengorok, coba cara ini.

Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang-kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bagun dengan keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu tidur kita.

b. Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

c. Bagi kesehatan paru-paru: paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger