Home » » Cara Mengatasi Stress Kerja

Cara Mengatasi Stress Kerja

Written By satya kumara on Tuesday, January 29, 2013 | 9:36 AM



Pekerjaan yang menumpuk dan jadwal rapat yang padat tak jarang membuat Anda kelelahan. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Jadi, ketika Anda merasa stres, ada baiknya untuk berhenti sejenak atau memperlambat ritme Dengan demikian, Anda akan lebih rileks dan lebih produktif saat melanjutkan pekerjaan.

Nah, kalau Anda tak punya banyak waktu untuk bersantai sejenak, ada cara lain untuk meredakan stres dalam waktu singkat.

1. Lima menit
Siapa bilang dalam waktu lima menit Anda tak bisa meredakan stres akibat dikejar deadline? Jika bisa memanfaatkan waktu dengan tepat, dalam waktu lima menit Anda akan kembali santai dan segar saat bekerja.

Salah satu kesalahan terbesar para pekerja adalah tidak bisa memanfaatkan waktu jeda untuk rileks. Banyak dari Anda yang cenderung beralih menatap layar ponsel saat penat melihat tumpukan pekerjaan atau melihat layar komputer. Agar tak bertambah stres, sebaiknya jangan lagi melakukan hal ini.

Jika Anda punya lima menit untuk beristirahat, manfaatkan dengan melakukan peregangan tubuh, mengambil nafas alam-dalam, berdiri, atau sekadar jalan-jalan ke dekat meja kerja. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi tubuh dan menambah jumlah oksigen dalam darah sehingga Anda menjadi lebih segar dan fokus bekerja.

2. Lima belas menit
Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan jeda 15 menit adalah dengan berjalan-jalan sebentar. Tak masalah jika hanya berjalan-jalan di sekitar kantor, karena yang paling penting adalah menjauh dari ruang kerja. Sembari berjalan-jalan sebentar, Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan peregangan kecil. Ini akan meningkatkan produksi endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan fokus Anda.

Alternatif kegiatan lain adalah menelepon keluarga atau sahabat lama, membaca majalah, atau sekadar menjelajah internet untuk membaca berita, atau mencari lokasi liburan yang menyenangkan.

3. Satu jam
Alangkah baiknya jika sela kesibukan kerja Anda masih menyisakan satu jam untuk istirahat. Yang pasti, saat istirahat makan siang, makan sianglah di luar ruang kerja supaya pikiran lebih rileks. Atau, Anda bisa makan dengan cepat di meja kerja, lalu menggunakan sisa waktu istirahat untuk ngopi-ngopi bersama teman-teman di kedai kopi di kantor, menggelar barang dagangan (entah itu membagikan katalog produk, memberikan tester keripik atau cookies, dan lain-lain), mengikuti kelas yoga atau aerobik, atau melihat-lihat buku, DVD, atau CD (kalau sedang di mall). Atau mau cuci-blow sebentar di salon?

Namun terkadang cara yang paling baik untuk bisa meredakan stres adalah dengan berada di lingkungan yang hening. Anda bisa memilih perpustakaan yang tenang sambil membaca bacaan kesukaan Anda.


Sumber: The Daily Muse & Kompas.com
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger