Home » » Manusia Purba bagian 1

Manusia Purba bagian 1

Written By satya kumara on Tuesday, January 1, 2013 | 7:10 AM

Ardipithecus

Genus awal hominid, bisa dibilang fosil awal sejak manusia terpisah dari simpanse sebagia kerabat terdekatnya yang masih eksis saat ini. Saat ini diketahui ada 2 spesies dari genus ini Ardipithecus secara kasar bisa diartikan 'kera yang hidup di tanah'.

Ardipithecus kadabba
Diketahui hanya dari potongan gigi, serpihan tengkorak dan sejumlah potongan lain. Pengujian menunjukkan berasal dari sekitar 5,6 juta tahun silam. Awalnya diduga sebagai moyang ramidus, namun temuan gigi di Ethiopia mengindikasikan merkea spesies terpisah.

Ardipithecus ramidus
Australopithecus diketahui memiliki otak kecil, berkisar 320-350 cc. Giginya berbeda dari gigi kera lain, terindikasi sebagai omnivora dan pemakan buah. Tinggi sekitar 120 cm dan berat berkisar 50 kg. Ardi adalah bipedal, namun masih punya kemampuan memanjat pohon.

Ditemukan pada tahun 1992-19993 oleh tim arkeolog pimpinan Tim D. White, dan diberi nama A.ramidus pada bulan September 1994, ramidus diindikasikan berusia sekitar 4,4 juta tahun. Ditemukan di wilayah Afar, Etheiopia, berupa potongan tengkorak, gigi, tulang lengan dan potongan lain, awalnya diduga sebagai Australopithecus. Namun kemudian disimpulkan sebagai genus terpisah. Temuan lain didapat di sekitar tahun 1999-2003, berupa tulang-tulang dari sekitar 9 A.ramidus.

Teuan terbesar dari ramidus adalah spesimen yang kemudian dikenal sebagai Ardi (ARA-VP-6/500). ramidus betina yang ditemukan di gurun Afar. Ini adalah salah satu fosil terlengkap dari fosil sebelum australopithecus,melingkupi tengkorak, gigi, tulang tangan dan kaki (termasuk jari). Temuan Ardi inilah yang membuktikan bahwa Ardi bukan moyang bersama manusia dan simpanse, karena kaki Ardi lebih cocok untuk berjalan (meski tidak bisa dipakai untuk berjalan jauh). 

 Fosil dan dugaan bentuk Ardipithecus. Perhatikan bentuk panggul (mirip manusia) dengan bentuk kaki (ibu jari melebar mirip kaki kera) 



Sumber :
http://www.wired.com/wiredscience/2009/10/ardi-2/
http://johnhawks.net/weblog/fossils/ardipithecus/ardipithecus-faq-2009.html
http://adhominin.com/index.php?id=269665632800386816
http://scienceblogs.com/pharyngula/2009/10/ardipithecus_ramidus.php
Share this article :

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger