Home » » Sejarah Kondom

Sejarah Kondom

Written By satya kumara on Tuesday, January 1, 2013 | 4:23 PM



Kondom telah dikenal sejak lama, mungkin lebih lama dari yang dikira orang-orang. berikut ini urutan sejarah kondom.




1000 S.M – Kondom dipakai orang Mesir kuno yang terbuat dari serat linen. Namun hal ini masih diperdebatkan apakah kondom digunakan untuk kontrasepsi ataukah untuk ritual.

100-200 Masehi – Bukti awal penggunaan kondom di eropa ditemukan dalam lukisan goa di Combralles, Perancis.

1500 Masehi – Di itali, penelitian yang dilakukan oleh Gabrielle Fallopius membuktikan bahwa serat linen dapat mencegah infeksi dan kemudian selanjutnya berguna untuk mencegah kehamilan.

1700 Masehi – Penamaan Kondom masih menjadi misteri. Beberapa orang percaya itu diambil dari nama “Dr. Condom”, yang menyuplai Raja Inggris King Arthur II dengan sarung yang terbuat dari usus binatang. Sementara yang lain percaya bahwa Kondom diambil dari “Dr. Condon” atau “Kolonel Cundum”. Namun Hampir semua orang percaya bahwa Kondom berasal dari kata latin “Condom”, yang artinya “bisa dipakai”

1844-an – Goodyear dan Hancock memulai produksi massal kondom yang dibuat dari karet bekas, yang merupakan material yang lebih elastis dan kuat.

1861-an – Iklan kondom pertama dipublikasikan dalam koran Amerika “The New York Times” yang kala itu dicetak untuk iklan pencegahan penyakit kelamin.

1873-an – Berakhirnya Undang-undang Comstock yang melarang iklan yang bertema kontrol kelahiran, dan juga memperbolehkan pihak kantor pos untuk menyita kondom yang dijual dan dikirim melalui pos.

1880-an – Kondom latex pertama diproduksi. Meskipun baru pada tahun 1930an diperkenalkan secara umum.

Awal 1900-an – Aktivis kesehatan masyarakat menuntut untuk melarang penggunaan kondom oleh orang Amerika. Akibatnya 70% tentara Amerika dalam perang Dunia I menderita penyakit menular seksual. Pada Perang Dunia II pemerintah Amerika bersikap lebih agresif dalam menggalakkan penggunaan kondom.

1960-an – Revolusi Seksual tahun 60-an mengakibatkan penolakan penggunaan kondom dan sebagian besar remaja melakukan “Free Love” tanpa penggunaan kondom.

1980-an – HIV, virus penyebab AIDS ditemukan, Pakar kesehatan menyatakan bahwa selain menahan hawa nafsu, langkah yang lebih efektif untuk mencegah penularan HIV adalah dengan menggunakan kondom setiap melakukan hubungan seksual.

1990-an – Mulai diperkenalkan berbagi jenis kondom, termasuk kondom berwarna-warni, kondom bergerigi, kondom berongga, kondom beraroma, kondom yang menyala dalam gelap dan kondom ukuran besar. Saat itu juga mulai diperkenalkan kondom untuk wanita.

2000-an – Kondom bukan hal yang tabu lagi, anak-anak usia 14 tahun sudah mengenal dan sudah banyak yang menggunakan.
Share this article :

+ comments + 1 comments

Post a Comment

Orang Keren habis baca pasti komen, setuju ?

 
Support : TV Series | Ekspresi2nd Kaskus | Satya Kumara
Copyright © 2013. Blog Seorang Pemuda - All Rights Reserved
Template edited by Satya Kumara Published by Blog Seorang Pemuda
Proudly powered by Blogger